Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review AdaKami Aplikasi Pinjaman Online Izin OJK


AdaKami adalah aplikasi pinjaman online izin OJK yang menawarkan dana tunai cepat cair dengan syarat cukup KTP. Dari pengalaman mencoba, keunggulannya adalah proses pengajuan yang mudah dan cepat. Tapi peminjam perlu memperhatikan dengan cermat soal biaya dan bunga kreditnya.









Perkembangan teknologi Fintech membuat orang sekarang bisa mengajukan kredit secara online dengan cepat dan mudah. Berbeda sekali dengan beberapa tahun lalu, saat proses kredit hanya bisa lewat bank, yang tidak hanya lama tetapi juga sulit.





Fintech menawarkan cara baru dalam mengajukan pinjaman. Syaratnya cukup punya KTP dan bisa cair dalam waktu 24 jam sejak pengajuan.





Namun, kemudahan fintech tersebut dicederai oleh maraknya fintech ilegal yang banyak merugikan konsumen peminjam. Baik dari bunga yang sangat tinggi maupun cara penagihan yang tidak sesuai ketentuan.





Untuk itu, konsumen yang berminat mengajukan pinjaman, perlu menggunakan hanya pinjaman online yang sudah berizin OJK.





Salah satu aplikasi yang sudah berizin OJK adalah AdaKami. Kami coba mengajukan dan berbagi pengalamannya.






AdaKami





AdaKami adalah salah satu Fintech P2P Lending yang sudah berizin OJK dengan nomor registrasi KEP-128/D0.05/2019.





Pengajuan dilakukan lewat aplikasi AdaKami yang bisa diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple Store.





Buka aplikasi AdaKami, lakukan registrasi dan isi data diri sesuai petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama peminjam.





Secara garis besar, proses pengajuan pinjaman online adalah:





  1. Unduh Aplikasi pinjol
  2. Isi formulir pinjaman
  3. Proses analisa dan persetujuan
  4. Uang tunai ditransfer ke rekening




Fitur Pinjaman dan Tenor





AdaKami menyediakan pinjaman dana tunai dalam jumlah kecil dengan tenor pendek yang harus dilunasi sekaligus (pokok + bunga) di akhir pinjaman.





Persyaratan pengajuan adalah WNI, usia 21 – 50 tahun, punya penghasilan tetap, memiliki e-KTP, punya buku tabungan atas nama pribadi dan menggunakan smartphone untuk bisa menggunakan aplikasi.





Fitur AdaKami adalah: 





  • Plafon: Rp 400 ribu sd Rp 2.1 juta
  • Tenor: 14, 21 dan 28 hari




Penting diperhatikan bahwa tenor yang ditawarkan sangat spesifik, 3 pilihan masa kredit. Ini berbeda dengan tenor di KTA atau pinjaman cicilan, yang punya masa kredit lebih lama.





Plafon dan tenor yang nanti final ditawarkan ke peminjam, bisa berubah – ubah tergantung pada hasil credit score AdaKami. 





Setelah nanti data diisi, lalu diolah oleh credit scoring, aplikasi akan menampilkan jumlah plafon dan tenor yang bisa diambil. Bisa saja penawarannya berbeda dengan yang ditampilkan di awal aplikasi.





Penggunaan aplikasi di ponsel membuat fintech bisa menawarkan pinjaman secara customized, berbeda – beda di setiap orang, tergantung pada hasil analisa dan profil peminjam.





Biasanya setelah pinjaman pertama, plafon yang ditawarkan bisa lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung pembayaran.





Bunga dan Biaya Pinjaman





Bunga di AdaKami adalah 0.798% per hari. Tingkat bunga ini dicantumkan dalam Perjanjian Pinjam Meminjam yang diberikan setelah kredit disetujui.





Simulasi Pinjaman di AdaKami adalah sebagai berikut:





Plafon 
Rp
TenorPengembalian 
Rp
400,00014 hari444,689
400,00021 hari467,033
1,6 juta21 hari1,868,129
1,6 juta28 hari1,957,505







width="100vw"
height="320"
type="adsense"
data-ad-client="ca-pub-2189935723718667"
data-ad-slot="4961722499"
data-auto-format="rspv"
data-full-width
>



Pinjaman di AdaKami bukan cicilan sehingga harus dikembalikkan seluruhnya di akhir jatuh tempo.





Syarat Pinjaman





Persyaratan pengajuan pinjaman adalah:





  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • memiliki KTP, 
  • rekening bank, 
  • nomor HP tetap, 
  • penghasilan stabil.




Untuk saat ini AdaKami melayani seluruh wilayah di Indonesia.





Kecocokan data antara pengajuan di aplikasi dan data di rekening bank menjadi syarat penting agar pinjaman bisa dicairkan. Meskipun skor kredit sudah lolos, tetapi jika data di rekening bank tidak sesuai dengan di aplikasi, fintech tidak akan mencairkan pinjaman.





Cara Pengajuan





Setelah mengunduh aplikasi, Anda diminta mengisi no ponsel, yang digunakan untuk mengajukan pinjaman (ini wajib), lalu AdaKami akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut yang Anda harus masukkan kodenya ke aplikasi.





Selanjutnya, aplikasi menampilkan perjanjian serta syarat dan ketentuan, termasuk izin atas penggunaan data, yang Anda harus setuju untuk bisa maju ke proses berikutnya. 





A. Informasi Plafon & Tenor





Selesai pembukaan akun dan verifikasi, aplikasi di AdaKami menampilkan plafon dan tenor yang bisa diambil. 





Tapi, di tahap ini, Anda belum bisa memilih plafon dan tenor. 





Kenapa ?





Proses di AdaKami adalah aplikan mengisi data secara lengkap, lalu sistem credit scoring Artificial Intelligence (AI) akan mengolah dan kemudian menetapkan berapa besar plafon dan berapa lama tenor yang bisa diajukan.





Langkah berikutnya adalah pengisian data.





B. Data Pribadi





Data pertama yang harus diisi adalah data tentang diri peminjam. Mulai nama, alamat, no HP, status pernikahan, no WA, alasan meminjam, status tempat tinggal dan alamat rumah.





Semua kolom wajib harus diisi. Jika tidak lengkap, proses pengajuan tidak bisa pindah ke bagian berikutnya.





C. Data Pekerjaan





Tahap berikutnya pengisian data pekerjaan dan jumlah penghasilan per bulan. Bagian ini termasuk paling penting karena berdasarkan info ini, fintech menentukan apakah peminjam punya kemampuan keuangan untuk mengembalikan pinjaman atau tidak.





Data yang wajib diisi adalah:





  • Jumlah penghasilan per bulan
  • Lama Masa Kerja
  • Nama Perusahaaan
  • Kota Perusahaan
  • Tanggal Penerimaan Gaji 
  • No Telepon Perusahaan




D. Kontak Darurat





Informasi berikutnya adalah mengisi kontak darurat. Ada 2 kontak darurat yang Anda harus sampaikan.





Di setiap kontak, Anda harus mengisi no HP dan hubungannya. Jenis kontak yang diperbolehkan menyangkut orang tua, teman, saudara dan lain-lainnya.





E. KTP dan Foto Selfie





Sebelum bagian ini dimulai, aplikasi AdaKami meminta akses di ponsel, yaitu: lokasi perangkat dan membaca kamera serta video.





Berikutnya adalah mengambil foto selfie dengan menggunakan kamera di ponsel yang di dalamnya terdapat aplikasi AdaKami. Foto ini harus diambil langsung dari kamera ponsel dan tidak bisa di upload dari tempat lain. 





Saat foto diambil tidak boleh menggunakan kacamata dan topi. Foto diambil dalam posisi lurus dan cahaya terang 





Ketika pengambilan foto, AdaKami akan meminta aplikan untuk melakukan sejumlah gerakan, seperti buka mulut, kedip mata, geleng kepala dsb. Gerakan ini tampaknya digunakan oleh mesin AI AdaKami untuk mengenali dan merekam calon peminjam secara online tanpa perlu bertemu langsung.





Selanjutnya adalah mengambil foto KTP. Ini juga wajib menggunakan kamera dari HP yang dipakai untuk apply pinjaman.





Hasil dari membaca KTP adalah nama dan NIK yang otomatis tampil di aplikasi. Bisa dikoreksi oleh aplikan jika penulisannya salah.





Setelah semua oke, peminjam tinggal klik ‘Ajukan Pinjaman’. Untuk diproses lebih lanjut. 





F. Rekening Bank





Untuk tujuan pencairan, rekening bank wajib diisi dengan nama di rekening yang sama dengan nama pengajuan. Tujuannya untuk menghindari kemungkinan fraud atau penyalahgunaan.





G. Hasil dan Rekomendasi Plafon dan Tenor





Setelah semua data dimasukkan, sistem credit scoring AdaKami akan mengolah dan memunculkan rekomendasi plafon dan tenor pinjaman yang bisa diambil.





Keputusan credit scoring adalah final, yaitu approve atau reject, disetujui atau ditolak.





Jika disetujui, credit scoring akan memberikan rekomendasi, yaitu plafon maksimum Rp 1.6 juta dan pilihan tenor 14, 21 dan 28 hari.





Plafon yang direkomendasikan buat aplikasi saya lebih rendah dibandingkan plafon awal yang ditampilkan ketika membuka aplikasi. Kemungkinan karena ini adalah pinjaman pertama.





Karena nanti setelah melunasi pinjaman pertama, saya langsung mendapatkan kenaikan limit pinjaman. Kenaikkan ini memungkinkan saya mengambil jumlah pinjaman lebih besar di kesempatan berikutnya.





Aplikan yang pengajuan ditolak, bisa mengajukan kembali. Kapan pengajuan kembali bisa dilakukan akan disampaikan di dalam aplikasi.





H. Tanda Tangan Elektronik





Setelah mendapatkan persetujuan, jika setuju untuk mengambil pinjaman dengan plafon yang ditawarkan, silahkan klik ‘pinjam segera’.





Proses berikutnya adalah tanda tangan elektronik atas Perjanjian Pinjam Meminjam. Tanda tangan elektronik ini adalah proses yang sudah disetujui oleh OJK untuk peminjam dan pemberi pinjaman melakukan persetujuan perjanjian lewat online, tidak perlu tanda tangan basah.





Proses tanda tangan elektronik adalah:





  • Isi email untuk penyedia tanda tangan elektronik mengirimkan dokumen pinjaman yang perlu ditandatangani
  • Aktivasi Akun Digital Signature di email, dengan konfirmasi OTP di HP. 
  • Setelah akun digital signature aktif, AdaKami mengirimkan perjanjian pinjaman. 
  • Baca perjanjian pinjaman dan lakukan tanda tangan dokumen secara elektronik.




I. Pencairan Pinjaman





Setelah selesai proses tanda tangan elektronik di aplikasi, AdaKami menyatakan bahwa proses sudah selesai dan pencairan dilakukan dalam waktu 24 jam.





Pencairan dilakukan ke rekening bank yang sudah didaftarkan. Harus dipastikan bahwa rekening bank atas nama yang sama dengan pengajuan.





Langkah Pengajuan





Berikut ini adalah cara bagaimana pengajuan dilakukan dalam aplikasi AdaKami.




Estimate Cost : USD

Time Needed : 01 hours 00 minutes

Cara Pengajuan AdaKami Pinjaman Online

  1. Aplikasi AdaKami

    Unduh aplikasi AdaKami di Google PlayStore dan Apple Store. Bisa dilakukan dengan smartphone dan gratis.Unduh AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  2. Buat Akun

    Buat akun di aplikasi AdaKami dengan mengisi email dan melakukan konfirmasi.Buat Akun AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  3. Masuk Aplikasi

    Masuk ke aplikasi dan bisa melihat plafon serta tenor pinjaman. Tapi, plafon dan tenor ini bisa berbeda dengan persetujuan nanti, yang tergantung hasil credit scoring.Masuk AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  4. Isi Data Pribadi

    Mulai pengisian dengan data pribadi. Wajib diisi semua, mandatory.Data Pribadi AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  5. Data Pekerjaan

    Mengisi data pekerjaan, termasuk penghasilan. Wajib diisi semua, mandatory.Data Pekerjaan AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  6. Data Kontak Darurat

    Mengisi Kontak Darurat sebanyak 2 pihak. Wajib diisi.Kontak Darurat AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  7. Verifikasi Foto

    Ambil foto dengan kamera ponsel dan ikuti petunjuk yang diminta.Foto Selfie AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  8. Identitas KTP

    Upload KTP dengan aplikasi AdaKami di ponsel. Cek nama dan NIK, apakah sudah tepat, jika salah bisa dikoreksi.KTP AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  9. Pengajuan Diproses

    Setelah pengisian data dan dokumen selesai, AI Credit Scoring memproses. Bisa disetujui atau ditolak.Credit Scoring AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  10. Rekomendasi Plafon

    Berdasarkan data, credit scoring memproses dan memberikan rekomendasi plafon dan tenor kredit. Plafon yang diberikan lebih rendah dibandingkan awal di aplikasi.Persetujuan Plafon AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  11. Pengajuan Pinjaman

    Berdasarkan plafon yang disetujui, pinjaman diajukan oleh aplikan. Bisa lebih rendah dari maksimum plafon yang dimungkinkan.Pengajuan Plafon AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  12. Pengajuan Diproses Cepat

    Pengajuan diproses oleh pihak AdaKami.Pengajuan Diproses AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  13. Pinjaman Disetujui

    Pengajuan disetujui dan perlu melanjutkan dengan proses tanda tangan elektronik atas Perjanjian Pinjam Meminjam untuk bisa uang dicairkan ke rekening bank.Disetujui AdaKami Pinjaman Online Izin OJK

  14. Tanda Tangan Elektronik

    Dilakukan proses tanda tangan elektronik atas Perjanjian Pinjam Meminjam sesuai ketentuan OJK. Cara tanda tangan ini dilakukan secara online dan sah.Tanda Tangan Elektronik AdaKami Aplikasi Pinjaman Online

  15. Bunga dan Biaya

    Ketentuan bunga harian dan biaya pinjaman yang dicantumkan dalam Perjanjian Kredit. Wajib diketahui peminjam.Bunga AdaKami Aplikasi Pinjaman Online

  16. Cara Pembayaran

    Disediakan dua jenis cara pembayaran, yaitu transfer bank di akun VA BNI dan setoran ke jaringan Alfa.Cara Bayar AdaKami Aplikasi Pinjaman Online




1. Metode Pembayaran





AdaKami akan mengirimkan sms ke nomor HP 1 hari sebelum tanggal jatuh tempo untuk mengingatkan Anda melakukan pelunasan. 





Anda dapat melakukan pelunasan melalui: 





  1. Transfer Bank dengan menggunakan VA Bank BNI yang disediakan di aplikasi.
  2. Alfa dengan membayar ke counter kasir di toko jaringan Alfa.




2. Denda Keterlambatan





AdaKami menerapkan denda keterlambatan pembayaran cukup tinggi.





Sesuai dengan informasi di Perjanjian Pinjaman, denda terlambat adalah:





  • Hari pertama terlambat Rp 50 ribu
  • Hari kedua dst-nya 0.25% dari pokok pinjaman per hari




Sesuai ketentuan Asosiasi Fintech AFPI dan OJK, maksimum denda dan bunga tidak boleh melebihi 100% dari pokok pinjaman.





3. Call Center CS





PT Pembiayaan Digital Indonesia, Jl.H.R. Rasuna Sahid Blok X-5 No. 13 Kuningan Timur, Jakarta Selatan





Customer Service: 021-29323998, cs@adakami.id





4. Izin OJK





AdaKami secara resmi telah berizin OJK dengan nomor registrasi KEP-128/D0.05/2019.





Tips Pinjaman Online





Kita perlu tahu apa ciri – ciri penawaran fintech pinjaman online yang bagus, antara lain:





  1. Kemudahan proses. Kebutuhan yang darurat menuntut setiap proses pinjaman uang menjadi mudah, serta tanpa adanya syarat yang tidak perlu bertele-tele.
  2. Pinjaman uang terbaik adalah cepat cair. Cocok untuk yang begitu membutuhkan pinjaman uang sekarang.
  3. Salah satu ciri terpercaya adalah pinjaman tersebut sudah terdaftar dan izin OJK.
  4. Dan yang terakhir ciri cara pinjaman uang terbaik yaitu memiliki alamat kantor yang jelas sehingga bisa dihubungi jika terjadi apa-apa. Biasanyanya penyedia pinjaman uang terbaik itu mempunyai fitur nasabah yang responsif. Dengan begitu, sebagai nasabah, anda bisa mendapatkan bantuan dengan cepat saat menghadapi kendala.




Kesimpulan





Munculnya fintech pinjaman online menawarkan produk kredit yang lebih cepat dan lebih mudah prosesnya dibandingkan pinjam di bank. Produk kredit online ini menarik buat banyak orang.





Tetapi, maraknya pinjaman online ilegal, tanpa izin resmi, menimbulkan dampak negatif di masyarakat, antara lain: bunga yang super tinggi, cara penagihan yang tidak manusiawi dan lain sebagainya dari pinjaman tidak berizin ini.