Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Danafix Aplikasi Pinjaman Online Cicilan Tanpa Jaminan OJK


Danafix adalah pinjaman online terdaftar OJK yang menawarkan cicilan limit kredit sampai 10 juta dengan proses mudah via aplikasi dan cepat cair. Bagaimana pengalaman mengajukan kredit di Danafix?









Perkembangan teknologi Fintech membuat orang sekarang bisa mengajukan kredit secara online dengan cepat dan mudah, berbeda sekali dengan beberapa tahun lalu saat proses kredit hanya lewat bank, yang tidak hanya lama tetapi juga sulit.





Fintech menawarkan cara mengajukan pinjaman lebih mudah dan lebih cepat.





Namun, kemudahan fintech tersebut dicederai oleh maraknya fintech ilegal yang merugikan konsumen peminjam, baik dari bunga yang sangat tinggi maupun cara penagihan yang tidak sesuai ketentuan.





Resiko pinjaman di fintech illegal bisa dibaca disini secara lengkap.





Untuk itu, konsumen yang berminat mengajukan ke pinjaman wajib memilih perusahaan pinjaman online yang sudah berizin OJK, agar bisa mengalami proses pinjaman yang benar yang sesuai aturan.





Salah satu yang sudah terdaftar OJK adalah Danafix. Kami coba mengajukan dan berbagi pengalamannya.






Aplikasi Danafix





Danafix Pinjol
Aplikasi Pinjaman Online




Anda harus mengunduh aplikasi Danafix di ponsel Anda melalui Google Play Store atau melalui APK. Danafix melayani nasabah dengan ponsel berbasis Android dan Apple. 





Buka aplikasi Danafix, lakukan registrasi dan isi data diri sesuai petunjuk yang diberikan. Siapkan juga KTP dan nomor rekening bank atas nama Anda.





Secara garis besar, proses pengajuan pinjaman online disini adalah:





  1. Unduh Aplikasi pinjol Danafix
  2. Isi formulir pinjaman uang online
  3. Persetujuan peminjaman dana uang cash
  4. Uang tunai ditransfer ke rekening Anda




Fitur Pinjaman





Berbeda dengan umumnya pinjaman online yang menawarkan tenor pendek, Danafix memberikan cicilan selama beberapa bulan mulai dari pinjaman pertama.





Pinjaman di Danafix ditawarkan dengan fitur berikut:





  • Pinjaman pertama Rp 500 ribu sd Rp 2 juta
  • Pinjaman kedua dan selanjutnya Rp 500 ribu sd Rp 10 juta
  • Tenor: 3.5 bulan, 4.5 bulan dan 5.5 bulan




Plafon pinjaman pertama lebih rendah dan jika kinerja pembayaran bagus bisa naik ke limit pinjaman yang lebih tinggi di pinjaman berikutnya.





Tenor pinjaman di Danafix agak berbeda karena ada tambahan 0.5 bulan di setiap tenornya. Jadwal lengkap pembayaran akan ditampilkan dalam aplikasi.





Bunga dan Biaya Pinjaman





Berapa bunga pinjaman ?





Danafix menampilkan di dalam aplikasi pinjaman soal kewajiban pembayaran, dengan rincian sebagai berikut:





PlafonTenorPembayaaranTotal Bunga
500,0003.5 bulan800,00060%
2,000,0003.5 bulan3,200,00060%
500,0005.5 bulan954,00090%
2,000,0005.5 bulan3,804,00090%




Bunga per hari adalah 0,5%.





Kita ambil contoh pengajuan plafon Rp 500 ribu untuk tenor 3.5 bulan atau 104 hari maka skemanya adalah: 





  • Pencairan Rp 500 ribu. Tidak ada potongan di muka.
  • Cicilan Rp 200 ribu selama  4 kali 
  • Cicilan 4 kali dibayar selama 3.5 bulan sehingga pembayaran cicilan kurang dari 30 hari.
  • Total pembayaran Rp 800 ribu
  • Total bunga adalah 60% dengan bunga per hari 0.58%




Sesuai ketentuan AFPI, maksimum bunga per hari adalah 0.8% per hari. Bunga per hari Danafix masih sesuai ketentuan.





Yang penting diperhatikan adalah skedul cicilan yang tidak 1 bulan (lebih cepat). Skedul pembayaran ditampilkan dalam aplikasi pinjaman.





Syarat Pengajuan








width="100vw"
height="320"
type="adsense"
data-ad-client="ca-pub-2189935723718667"
data-ad-slot="4961722499"
data-auto-format="rspv"
data-full-width
>



Persyaratan pengajuan pinjaman di Danafix adalah berikut:





  • Nasabah umur 22 tahun – 60 tahun
  • Minimal penghasilan perbulan Rp 2.000.000,-
  • Bertempat tinggal dan bekerja di Indonesia




Untuk saat ini Danafix melayani seluruh wilayah di Indonesia.





Dokumen yang dibutuhkan hanya KTP saja. Dan pengambilan foto selfie dengan kamera ponsel.





Cara Pengajuan





Setelah mengunduh aplikasi, Anda diminta mengisi no ponsel yang digunakan untuk mengajukan pinjaman, lalu Danafix akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor tersebut yang Anda harus masukkan kodenya ke aplikasi.





Disamping kode verifikasi, Anda perlu juga membuat password. Gunakan password setiap akan masuk ke aplikasi.





Selanjutnya, aplikasi menampilkan perjanjian serta syarat dan ketentuan, termasuk izin atas penggunaan data, yang Anda harus setuju untuk bisa maju ke proses berikutnya. 





Akses Data





Selesai pembukaan akun dan verifikasi, sebelum mulai pengisian, Danafix meminta akses data di ponsel, yaitu:





  • Informasi Telepon
  • Posisi Geografis
  • Kamera




Pemberian akses ini wajib. Jika tidak diberikan, proses pengajuan pinjaman tidak bisa dilanjutkan. 





Plafon Kredit





Selanjutnya, Anda masuk ke halaman pinjaman untuk memilih:





  • Plafon Kredit yang diajukan
  • Lama masa cicilan pinjaman




Untuk pinjaman pertama, Danafix  hanya memperbolehkan sampai limit Rp 2 juta. Nanti di pinjaman berikutnya, Danafix akan memberikan kesempatan plafon kredit yang lebih besar sampai Rp 10 juta.





Ada tiga pilihan tenor yang bisa dipilih. Detail skema cicilan akan disampaikan juga nanti saat sebelum pengajuan di akhir.





Data Diri





Bagian ini cukup singkat menyangkut pengisian data diri meliputi:





  • Nama
  • Jenis Kelamin
  • Nama Ibu Kandung
  • Jumlah Anak
  • Email
  • Alamat Rumah
  • Lama Tinggal
  • Agama




Data Pekerjaan





Tahap berikutnya adalah pengisian data pekerjaan dan jumlah penghasilan per bulan. 





Bagian ini termasuk paling penting karena berdasarkan info disini fintech menentukan apakah peminjam punya kemampuan keuangan untuk mengembalikan pinjaman atau tidak.





Anda harus mengisi jenis pekerjaan, tersedia pilihan, yaitu: full-time, part-time, wiraswasta, tuna karya (menganggur), pelajar.





Data yang wajib diisi adalah:





  • Nama Perusahaaan
  • Bidang Industri
  • Jumlah penghasilan per bulan
  • Posisi di Perusahaan
  • Lama Masa Kerja
  • Alamat Kantor Perusahaan
  • Tanggal Penerimaan Gaji 
  • No Telepon Perusahaan




Info tersebut diatas wajib, jika tidak diisi, Anda tidak bisa pindah ke proses berikutnya.





Kontak Darurat





Informasi berikutnya adalah mengisi kontak darurat. 





Di setiap kontak, Anda harus mengisi no HP dan hubungannya. Jenis kontak yang diperbolehkan menyangkut orang tua, teman, saudara dan lain-lainnya.





Yang penting, saat mengisi no kontak, Anda harus ambil no tersebut dari phonebook ponsel Anda. Anda tidak bisa menuliskan no HP kontak secara manual.





KTP dan Foto Selfie





Dokumen yang perlu disampaikan adalah KTP, lalu  foto selfie sambil memegang KTP. Keduanya wajib Anda ambil menggunakan kamera dari HP yang dipakai untuk apply pinjaman di Danafix.





Data KTP yang diambil akan dibaca oleh sistem Danafix secara otomatis, tetapi biasanya suka gagal karena kualitas foto yang diambil tidak sejelas yang diharapkan oleh sistem untuk bisa membacanya, karena itu Danafix menyediakan alternatif kepada peminjam untuk menginput data nama dan NIK secara manual di aplikasi.





Informasi Rekening





Langkah terakhir sebelum submit pinjaman adalah mengisi data rekening untuk pencairan, yaitu:





  • No KTP
  • No Rekening
  • Nama Bank
  • Tujuan Pinjaman




Penting memastikan bahwa informasi rekening bank disampaikan dengan benar dan sesuai dengan peminjam. Ketidaksesuaian menyebabkan kegagalan pencairan meskipun kredit sudah disetujui.





Setelah data lengkap semua, Anda harus klik centang untuk memberikan persetujuan kepada Danafix untuk melakukan analisis dan pengumpulan data dalam rangka proses pengajuan pinjaman.





Pencairan





Setelah pinjaman masuk, Danafix akan melakukan verifikasi atas permohonan yang disampaikan. Hanya saja tidak ada penjelasan mengenai berapa lama verifikasi dilakukan.





Jika pinjaman disetujui dari hasil verifikasi, dana akan segera anda terima dalam waktu tiga menit. Pencairan pinjaman akan dilakukan ke rekening bank.





Step by Step




Estimate Cost : 00 IDR

Time Needed : 60 minutes

Cara Pengajuan Danafix Pinjaman Online

  1. Aplikasi Danafix

    Unduh aplikasi Danafix di PlaystoreDanafix Pinjaman Online

  2. Akses Ponsel

    Permintaan izin akses data di PonselDanafix Aplikasi Pinjol

  3. Simulasi Pinjaman

    Perhitungan plafon kredit dan cicilan per bulanDanafix Aplikasi Pinjol

  4. Daftar Akun

    Masukkan no ponsel di aplikasiDanafix Aplikasi Pinjol

  5. Data Pribadi

    Isi data pribadi peminjamDanafix Aplikasi Pinjol

  6. Isi Alamat

    Lengkapi data alamat domisili tempat tinggalDanafix Aplikasi Pinjol

  7. Data Pekerjaan

    Lengkapi data pekerjaan dan penghasilanDanafix Aplikasi Pinjol

  8. Kontak Darurat

    Isi kontak darurat: no ponsel & hubunganDanafix Aplikasi Pinjol

  9. Foto Selfie

    Unggah foto selfie pegang KTP dengan kamera ponselDanafix Aplikasi Pinjol

  10. Foto KTP

    Ambil foto KTP dengan kamera ponselDanafix Aplikasi Pinjol

  11. Submit Aplikasi

    Lengkapi data rekening bank dan submit aplikasiDanafix Aplikasi Pinjol

Tools
  • Ponsel, HP, PC Computer
Materials
  • Aplikasi Danafix Pinjaman Online



Penolakan dan Pengajuan Kembali





Setelah pinjaman diajukan, jika pengajuan ditolak, nasabah bisa mengajukan kembali dalam jangka waktu 7 hari. Kapan dan jam berapa pengajuan bisa dilakukan kembali tercantum di dalam aplikasi Danafix.





Sayangnya, di dalam aplikasi, Danafix tidak menjelaskan alasan kenapa pengajuan pinjaman ditolak. Nasabah jadi tidak bisa mempelajari agar bisa mengajukan kembali dengan lebih baik.





Metode Pembayaran





Pembayaran di Danafix menggunakan Virtual Account (VA). 





Peminjam akan menerima nomor Virtual Account melalui SMS pada saat dana dikirim dan tiga hari sebelum jatuh tempo. Anda juga bisa mendapatkan dengan mengirimkan email ke info@danafix.id





Ada dua cara pembayaran dengan menggunakan VA, yaitu:





Pembayaran melalui ATM / Internet / Mobile Banking BNI





  • Pilih menu Transfer
  • Pilih Virtual Account Billing
  • Masukkan nomor Virtual Account Anda*
  • Konfirmasi, apabila telah sesuai, lanjutkan transaksi
  • Transaksi selesai




Pembayaran melalui ATM / Internet / Mobile Banking Bukan BNI





  • Pilih menu Transfer
  • Pilih transfer ke bank lain
  • Masukkan kode Bank 009 diikuti dengan nomor Virtual Account Anda*
  • Masukkan nominal yang ditagihkan
  • Konfirmasi, apabila telah sesuai, lanjutkan transaksi
  • Transaksi selesai




Pembayaran Dipercepat





Anda bisa melakukan pelunasan lebih awal setelah minimal setengah dari periode kontrak, namun tidak diperkenankan jika pinjaman belum melewati 7 hari kalender





Call Center CS





CS Call Center di nomor 14086 dan email: info@danafix.id WhatsApp (WA) 08999270000





Kantor: Menara Dea, Tower 2, Lantai 2, Suite 202, Kawasan Mega Kuningan, Jl Mega Kuningan Barat Kav E4.3 No 1-2. Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan, 12950





Penanganan komplain pengguna akan terkategorisasi sebagai berikut:





  • Reguler. Pertanyaan dan komplain regular didefinisikan sebagai pertanyaan dan komplain yang sifatnya umum dan permintaan akan informasi; yang dapat ditemukan oleh Tim Layanan Pelanggan secara langsung di dalam sistem.
  • VIP. Komentar VIP didefinisikan sebagai komentar yang mengandung informasi yang sensitif atau pribadi dan mengandung informasi yang bernuansa negatif, terindikasi penipuan, dan/atau mengancam secara hukum atau secara publik lewat media.




Izin OJK





Danafix adalah produk dari PT DanaFix Online Indonesia yang terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) nomor registrasi S-1111/NB.213/2018.





Tips Pinjaman Online





Beberapa tips menghadapi tawaran pinjaman online.





  • Hitung dengan cermat apakah butuh pinjaman online atau tidak. Maksimum 30% sd 35% dari penghasilan per bulan untuk bayar semua cicilan
  • Jangan mudah tergiur kemudahan dan kecepatan pinjaman online. Hitung bunga dan biayanya. Belajar dari pengalaman yang terjerat karena tidak sanggup bayar kewajiban bunganya
  • Siap dengan konsekuensi penagihan jika menunggak pembayaran. Pinjaman online akan menagih sampai Anda membayar
  • Baca Perjanjian Kredit yang didalamnya mencantumkan biaya penalti, biaya denda, serta ketentuan dan cara melakukan penagihan, cara pembayaran, serta transaksi apabila telat membayar angsuran.
  • Hanya mengambil ke pinjaman online yang terdaftar di OJK. Jangan menggunakan pinjaman online illegal karena resikonya sangat besar.
  • Biaya transparan. Pinjaman dengan jumlah biaya ditampilkan sejak awal, sehingga kamu bisa menggunakan kalkulator untuk menghitung biaya yang akan dibebankan sebelum mengambil keputusan meminjam.
  • Kemudahan proses. Kebutuhan yang darurat menuntut setiap proses pinjaman uang menjadi mudah, serta tanpa adanya syarat yang tidak perlu bertele-tele.
  • Pinjaman uang terbaik adalah cepat cair. Cocok untuk yang begitu membutuhkan pinjaman uang sekarang.
  • Dan yang terakhir ciri cara pinjaman uang terbaik yaitu memiliki alamat kantor yang jelas sehingga bisa dihubungi jika terjadi apa-apa. Biasanyanya penyedia pinjaman uang terbaik itu mempunyai fitur nasabah yang responsif. Dengan begitu, sebagai nasabah, anda bisa mendapatkan bantuan dengan cepat saat menghadapi kendala.




Kesimpulan





Munculnya fintech pinjaman online menawarkan produk kredit yang lebih cepat dan lebih mudah prosesnya dibandingkan pinjam di bank. Produk kredit online ini menarik buat banyak orang.





Tetapi, maraknya pinjaman online ilegal, tanpa izin resmi, menimbulkan dampak negatif di masyarakat, antara lain: bunga yang super tinggi, cara penagihan yang tidak manusiawi dan lain sebagainya dari pinjaman tidak berizin ini.





Danafix adalah salah satu pinjaman online yang sudah terdaftar resmi di OJK. Menawarkan kecepatan dan kemudahan dalam meminjam dana tunai untuk jangka pendek.